Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja dengan Mudah

Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

Begini Cara Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja dengan Mudah. Tips ampuh bagaimana mengajari anak kecil untuk belajar membaca tanpa mengeja sehingga anak lebih cepat bisa membaca.

Orang tua khususnya ibu memiliki peran sebagai orangtua sekaligus guru pertamanya. Jika sebelumnya telah kami sajikan untuk sobat artikel liburan dan traveling tentang tips liburan aman di alam bebas, maka tak ada salahnya jika kali ini akan kami coba hadirkan informasi mengenai cara mengajarkan anak membaca tanpa mengeja di blog SAPAGREEN.COM.

Sebagai guru pertama yang penting untuk dipahami adalah metode belajar yang paling optimal untuk si kecil. Karena setiap anak memiliki metode yang berbeda yang membuatnya lebih nyaman dan mudah paham.

Salah satu tantangan besar adalah mengajari mereka membaca. Selain mengenal metode belajar membaca yang tepat, penting juga memahami karakter anak. Sehingga dapat dikoreksi kembali apakah metode yang digunakan cocok atau tidak.

Berikut beberapa tahapan yang cukup mudah untuk mengajari anak membaca tanpa mengeja.

Mengenalkan huruf dengan cara menyenangkan

Dapat menggunakan stiker atau poster yang ditempel di kamar dan di ruang bermain anak. Sehingga anak terbiasa melihat huruf dan menghafalnya tanpa sadar.

Ajarkan anak menghafal suku kata

Setelah anak mengusai dan mengenal huruf, ajaklah untuk menghafal suku kata. Biarkan anak menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a, i, u, e, dan o. Contoh: ba, bi, bu, be, bo sampai za, zi, zu, ze, zo.

Kemudian biarkan anak terbiasa dengan suku kata tersebut. Tahap selanjutnya adalah mencarikan kata yang terdapat suku kata bervariasi untuk mengajak anak membaca dan mengenalkannya seperti bo-la, bu-ku, pa-pi, ma-mi, cu-ka, dan lain sebagainya.

SIMAK JUGA INFO BISNIS: IDE PELUANG USAHA DALAM BIDANG PERTANIAN

Mengajari anak huruf mati

Setelah lancar pada tahap suku kata lanjutkan dengan pengenalan huruf mati. Kenalkan terlebih dahulu huruf-huruf mati, seperti “ng”, “ny”, dan huruf konsonan lainnya apabila dijadikan huruf mati.

Melatih anak untuk membaca kata utuh

Pada awalnya anak akan memiliki kecenderungan mengeja, namun sobat bisa terus mengingatkan dan menemukan metode yang tepat.

Demikianlah sajian kami untuk cara mengajarkan anak membaca tanpa mengeja, semoga memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Jangan lupa simak juga update keren lainnya misalnya dari kategori tips fashion, cara menyimpan baju agar wanginya tahan lama di halaman lainnya di website SAPAGREEN.COM.

Dengan tips mengajari anak untuk belajar membaca tanpa mengeja di atas, semoga anak-anak kita bisa lebih cepat memahami dan mampu membaca dengan lancar ya sobat.