Cara Agar Anak Suka Berolahraga untuk Mencegah Obesitas

Agar Anak Suka Olahraga

Beberapa tips untuk membuat anak gemar berolahraga sehingga terhindar dari obesitas atau berat badan berlebih. Anak-anak pada umumnya melakukan olahraga sembari bermain dalam aktivitasnya sehari-hari. Sehingga tanpa disadari sejatinya anak-anak telah melakukan olahraga sepanjang hari ketika mereka bermain dengan teman-temannya. Entah itu berlari-larian, main sepakbola, petak-umpet dan lain sebagainya.

Namun seiring berjalannya waktu, dengan kemajuan teknologi dan gadget dewasa ini, banyak anak yang lebih banyak berdiam diri sambil asyik bermain gadget. Sehingga mereka menjadi kurang atau bahkan malas untuk bergerak apalagi berolahraga.

Jangan Lewatkan: Tips untuk Memulai Pola Makan dan Hidup Sehat

Padahal olahraga dan permainan serta aktivitas yang membutuhkan banyak gerak itu sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh anak-anak. Karena itulah akan sangat bijak jika sejak dini anak-anak diajarkan untuk rajin berolahraga, untuk mendapatkan tubuh yang segar, bugar, sehat dan jauh dari dari obesitas. Karena anak yang mengalami obesitas berpotensi mengalami risiko gangguan kesehatan yang lebih besar dibandingkan anak-anak lain yang memiliki berat badan dalam batas ideal.

Nah sobat, agar anak-anak tetap menyukai olahraga tentunya dibutuhkan beberapa tips. Selengkapnya bisa sobat simak di bawah ini.

1. Jadikan Olahraga Sebagai Aktivitas Keluarga

Sobat bisa membuat semacam waktu yang berkualitas (quality time) beserta seluruh keluarga dimana mengisinya dengan kegiatan olahraga sambil bermain. Dengan begitu olahraga tidak lagi menjadi semacam beban bagi anak karena dilakukan bersama-sama. Selain itu, kegiatan semacam ini juga bisa mempererat hubungan dan kedekatan seluruh anggota keluarga.

Baca Juga: Berbagai Bahan Makanan yang Berkhasiat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

2. Jangan Beri Gadget dan Jangan Taruh TV di Kamar

Anak akan asyik bermain game di gadget jika ia dipegangi ponsel atau gadget. Dan itu akan semakin parah jika di dalam kamar anak ditaruh TV. Bisa-bisa ia akan menghabiskan waktunya untuk main game ataupun menonton TV.

3. Rencanakan Hari Bermain Bersama Teman

Agar anak tidak bosan, sesekali bisa mengajak teman-temannya untuk diundang ke rumah dalam rangka main bersama. Entah itu main bola, petak umpet dan lainnya. Selain anak akan senang, juga bisa merekatkan hubungan anak dengan teman-temannya.

Lihat Juga: Buah dan Sayuran yang Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi

4. Biarkan Anak Memimpin dan Memilih

Sering-sering berikan hak kepada anak untuk memilih alternatif pilihan olahraga. Misalnya ingin bermain sepakbola, basket, berenang atau apapun itu. Dan berikan keleluasaan kepada anak untuk memimpin aktivitas olahraga. Misalnya biarkan anak yang membuat aturan permainan. Dengan begitu anak akan merasa dihargai, dipercaya dan menambah rasa percaya diri.

Dengan beberapa cara sederhana di atas, kemungkinan anak akan semakin menyukai bermain sambil olahraga. Sehingga anak tidak malas bergerak, tubuh selalu sehat dan bugar serta terhindar dari obesitas.