4 Cara Membuat Hair Mask untuk Rambut Rontok, Mudah dan Alami!

Cara Membuat Hair Mask untuk Rambut Rontok Mudah dan Alami

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting, baik bagi pria maupun wanita. Apalagi bagi seorang wanita, rambut ibarat mahkota yang sangat berharga. Kesehatan dan keindahannya sebisa mungkin akan dijaga agar tetap sehat dan nampak indah.

Meski demikian, rambut bisa saja mengalami berbagai masalah. Salah satunya adalah rambut rontok yang kerap menjadi momok bagi banyak orang. Kerontokan pada rambut merupakan salah satu problem yang sering terjadi dan sulit dihindari. Pasalnya, penyebab rambut rontok itu sendiri sangatlah beragam. Mulai dari pengaruh cuaca yang ekstrim, paparan polusi, penggunaan shampo yang tidak cocok, faktor keturunan, kekurangan nutrisi, hingga stres yang sulit dikontrol.

Dalam hal ini sobat bisa menggunakan hair mask untuk rambut rontok guna mengatasi permasalahan yang sobat alami. Sobat bisa memakai hair mask yang dijual bebas di berbagai toko kecantikan, atau memanfaatkan masker rambut dari bahan-bahan alami untuk mengatasi permasalahan kerontokan pada rambut sobat.

Hair Mask Alami untuk Rambut Rontok

Berikut ini adalah beberapa cara membuat hair mask (masker rambut) dari bahan-bahan alami untuk mengatasi kerontokan yang terjadi pada rambut sobat.

1. Masker Minyak Zaitun

Bahan pertama yang bisa sobat gunakan sebagai masker rambut adalah minyak zaitun guna membantu dalam mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun dikenal memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh yang diyakini dapat membantu dalam menguatkan rambut hingga akar-akarnya.

Cara membuat hair mask dari minyak zaitun sangatlah mudah. Sobat bisa langsung mengaplikasikannya pada rambut sobat secara menyeluruh. Jangan lupa sambil sobat pijat dengan lembut selama kurang lebih 3 menit. Akhiri dengan membilasnya hingga bersih.

2. Masker Kemiri

Selanjutnya sobat juga bisa menggunakan masker kemiri. Sudah sejak lama kemiri dikenal sebagai salah satu bahan alami yang terbukti efektif dalam mengatasi kerontokan pada rambut dan masalah lainnya yang berkaitan dengan kesehatan rambut.

Untuk membuat masker kemiri, sobat harus membakarnya terlebih dahulu hingga warna buah kemiri tersebut menjadi kecokelatan. Kemudian tumbuk sampai benar-benar halus, Selanjutnya sobat gunakan sebagai masker rambut dan diamkan hingga 30 menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan penggunaan masker kemiri ini secara rutin.

3. Masker Telur & Jeruk Lemon

Di Indonesia, telur lebih dikenal sebagai bahan makanan. Namun ternyata telur juga bisa digunakan sebagai hair mask untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini disebabkan karena telur mengandung vitamin A dan B12 yang memiliki khasiat untuk memperkuat akar rambut sehingga dapat meminimnalisir serta mengurangi terjadinya masalah rambut rontok yang sering dialami oleh banyak orang.

Jika sobat ingin mencoba masker telur, sobat bisa membuatnya dengan mencampurkan sebutir telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan perasan jeruk lemon hingga merata. Selanjutnya sobat aplikasiakn ke seluruh rambut dan diamkan sejenak selama 15 menit. Jangan lupa bilas hingga bersih sebagaimana sobat keramas seperti biasanya.

4. Masker Madu & Bawang Bombay

Mungkin sobat belum mengetahui jika ternyata campuran masker madu dan bawang bombay bisa dimanfaatkan untuk membantu dalam mengatasi kerontokan pada rambut. Tidak hanya itu, masker alami dari bahan-bahan tersebut juga dipercaya dapat menjadikan rambut lebih tebal, cepat tumbuh, sehat serta berkilau.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Sobat campurkan saja 1/4 bawang bombay yang sudah ditumbuk atau dirajang dengan satu sendok makan madu. Kemudian oleskan ke seluruh rambut lalu tutupi dengan shower cap dan diamkan hingga semalaman. Esok paginya jangan lupa sobat bersihkan dengan cara keramas hingga tuntas.

Demikianlah beberapa cara dan bahan yang bisa sobat gunakan untuk membuat makser rambut sebagai solusi alami untuk mengatasi kerontokan pada rambut sobat.