Cara Memotong Rambut Sendiri Tanpa Perlu ke Salon Kecantikan

Cara Memotong Rambut Sendiri Tanpa Perlu ke Salon Kecantikan

Pandemi Covid-19 belakangan ini mengakibatkan perubahan besar dalam keseharian masyarakat. Kekhawatiran akan penularan serta anjuran memenuhi protokol kesehatan menjadikan banyak aktvitas yang tidak berjalan dengan semestinya, terutama aktivitas yang memerlukan kontak fisik.

Salah satu aktifivas yang tampaknya sepele namun sangat penting dilakukan adalah memotong rambut. Mungkin saat ini banyak salon kecantikan yang menawarkan pelayanan sesuai standar protokol kesehatan dan minim kontak fisik. Namun risiko penularan tetap ada karena interaksi yang dilakukan langsung menyentuh kulit kepala. Untuk menghindari kekhawatiran tersebut ada baiknya mencoba memotong rambut sendiri.

Memotong rambut sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, ada beberapa trik memotong rambut sendiri antigagal yang dapat kalian coba dirumah. Pertanyaan pertama yang sering muncul adalah sebaiknya memotong rambut saat dalam keadaan kering atau basah, sebenarnya memotong rambut saat kering atau basah menyesuaikan jenis rambut masing-masing. Untuk rambut lurus sebaiknya potong rambut saat keadaan basah atau lembab agar hasil potongan tampak rata. Sedangkan untuk rambut bergelombang, keriting atau untuk model layer. Karena dalam keadaan kering hasil akhirnya sudah langsung terlihat.

Cara Memotong Rambut Sendiri

Ada dua metode paling mudah untuk memotong rambut sendiri. Yang pertama adalah metode ekor kuda rendah dan yang kedua adalah metode puntir. Berikut tahapan yang harus dilakukan untuk masing-masing metode.

1. Memotong Rambut dengan Metode Ekor Kuda Rendah

Metode memotong rambut yang pertama adalah bernama ekor kuda rendah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Basahi rambut atau buatlah sedikit lembab jka tidak ingin memotong dalam keadaan basah
  2. Belah rambut dengan tepat di tengah dengan menggunakan sisir bergigi rapat untuk menyisir rambut di masing-masing sisi rambut.
  3. Sisir dan kumpulkan rambut ke bagian belakang kemudian ikat menjadi ikatan ekor kuda di bagian tengkuk. Pastikan ikatan kencang dan bagian depan serta samping rapi dan rata.
  4. Pastikan pula ikatan ekor kuda terletak tepat di tengah belakang kepala, dandalam posisi sangat rendah dibagian tengkuk.
  5. Jika menginginkan hasil rambut yang tidak terlalu pendek, tambahkan satu karet lagi di rambut, posisi karet rambut kedua di bagian atas batas rambut yang ingin dipotong.
  6. Saat akan memotong tarik ekor kuda ke atas secara perlahan-lahan. Pastikan ikatan di bagian tengkuk tidak melonggar.
  7. Mulailah dengan menggunting rambut dari bawah pengikat kucir. Saat mengguntingnya, lakukan sedikit demi sedikit. Dan buat ujung ekor kuda serata mungkin.
  8. Setelah selesai buka ikatan dan kibaskan rambut. Lakukan penilaian dan perbaikanapabila hasil guntingan tidak rata seperti yang diharapkan. Ketika ingin memotong lagi kucir kembali kemudian anada bisa memotongnya lebih pendek lagi. Atau bisa juga dengan cara memegang erat-erat dengan satu tangan, dan merapikan rambut-rambut yang tidak sama panjang dengan lainnya.

2. Memotong Rambut dengan Metode Puntir

Untuk metode puntir, lebih mudah dilakukan namun pastikan Anda memegang dengan benar. Berikut tahapan yang harus dilakukan:

  1. Sisir semua bagian rambut menjadi satu di puncak kepala dan puntir dengan kencang.
  2. Potonglah rambut sebanyak yang Anda inginkan, pastikan potongan sedikit lebih pendek dari yg diinginkan karena saat dipuntir rambut menjadi lebih pendek dari seharusnya. Peganglah rambut dengan erat di atas kepala, kemudian gunting sesuai yang diinginkan dengan bagian ujung gunting menghadap ke dalam.
  3. Lepaskan puntiran, biarkan rambut jatuh terurai kembali dan sisir seperti biasa.
  4. Tarik dan puntir kembali rambut ke bagian atas namun ke arah yang berlawanan.
  5. Guntinglah rambut-rambut yang tidak beraturan. Sambil tetap menahan rambut yang sudah dipuntir di atas kepala, pastikan anda memotong rambut-rambut yang mencuat dari puntiran.
  6. Lepaskan puntiran kemudian sisir sesuai keinginan.

Demikianlah dua metode mudah untuk memotong rambut sendiri di rumah yang bisa Anda coba. Selamat mencoba.