6 Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami dan Mudah Dilakukan

Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami dan Mudah Dilakukan

Kebersihan mulut dan gigi sangatlah penting. Yang pertama tentu saja berhubungan dengan kesehatan, dan yang kedua adalah menunjang penampilan serta kepercayaan diri. Sebagai jalan masuk makanan dan minuman, gigi dan mulut rentan terkena kotoran dari sisa makanan.

Seringkali orang membersihkan bagian gigi dan mulut hanya seperti menggugurkan kewajiban saja, tidak benar-benar membersihkan gigi dengan benar. Padahal sisa-sisa kotoran yang tertinggal akan semakin menumpuk dan mengeras pada bagian sela-sela gigi. Tumpukan kotoran inilah yang disebut dengan plak, yang jika dibiarkan akan semakin mengeras dan menjadi karang gigi. Ketika tidak segera diatasi, akibat karang gigi ini berisiko dapat menyebabkan radang dan infeksi.

Karang gigi tidak hanya menyebabkan gigi terlihat kotor, namun juga menyebabkan bau mulut. Hal ini tentu saja akan menurunkan bahkan dapat meruntuhkan kepercayaan diri Anda. Sebenarnya pembersihan karang gigi dapat dilakukan di dokter gigi. Namun banyak orang merasa takut, ada pula yang mempertimbangkan masalah biaya.

Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan karang gigi, Anda tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya ada cara yang mudah dilakukan untuk mebersihkan karang gigi tanpa harus membawanya ke dokter gigi. Yaitu:

1. Menggunakan Kulit Jeruk

Selain kandungan gizi dalam buahnya ternyata kulit jeruk juga dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Caranya juga sangat mudah, cukup ambil dan cuci beberapa bagian kulit jeruk. Kemudian gosokkan pada gigi dan karang gigi secara merata. Lakukan hal ini saat malam sebelum tidur dan diamkan sampai pagi. Kumur dan sikat gigi setelah bangun tidur untuk menghilangkan sisa kulit jeruk.

2. Lakukan Flossing

Cara yang kedua ini belum banyak orang yang terbiasa melakukannya, yaitu flossing. Flossing adalah membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Selain membersihkan sisa makanan yang berada di sela-sela gigi flossing juga dapat membersihkan karang gigi.

Agar tidak terjadi kesalahan saat menggunakannya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum membeli benang gigi untuk flossing. Agar tidak salah dalam memilih ukuran yang sesuai dan nyaman digunakan.

3. Menggunakan Baking Soda

Tahukah Anda beberapa macam pasta gigi mengandung baking soda? Jika karang gigi membandel Anda dapat menggunakan baking soda secara langsung. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan cara mencampur baking soda dan garam kemudian gunakan untuk menyikat gigi. Selain karang gigi yang berwarna kuning dan mengeras dapat hilang, baking soda juga juga dapat memutihkan gigi secara alami.

4. Menggunakan Pasta Gigi yang mengandung Flouride

Akhir-akhir ini banyak orang menghindari pasta flouride dengan alasan membahayakan kesehatan dan merusak otaak. Nmun sebenarnya dalam jumlah yang aman flouride justru dapat memperkuat lapisan enamel gigi dan mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam. Selain itu flouride juga dapat merangsang gigi untuk memperbaiki bagian yang rusak.

5. Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan kandungan antiinflamasi, anti oksidan, asam laurat dan asam lemak. Berdasarkan penelitian, kandungan bahan-bahan tersebut ampuh untuk membersihkan plak dan juga karang gigi. Caranya adalah hangatkan 1 sendok minyak kelapa kemudian gunakan untuk berkumur selama 5 – 10 menit. Selanjutnya buang dan sikat gigi seperti biasa.

6. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang populer untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk membersihkan karang gigi. Jika diamati orang-orang tua jaman dahulu cenderung memiliki gigi yang bersih dan kuat karena sering mengunyah daun sirih. Untuk penggunaannya sangat mudah, cukup ambil selembar daun sirih, tambahkan 1 – 2 butir cengkeh bila ada. Kemudian kunyah-kunyah selama 5 – 10 menit kemudian bilas hingga bersih