Cara Menurunkan Demam pada Anak dengan Cepat dan Efektif

Tips Menurunkan Demam pada Anak dengan Cepat dan Efektif

Ketika si kecil sedang panas (demam), biasanya orang tua merasa resah dan bingung apa yang harus dilakukan. Perlu sobat ketahui bahwa demam adalah sebuah kondisi yang mana dialami oleh anak. Adapun anak bisa dikatakan mengalami demam ketika suhu tubuhnya menyentuh angka 37° C atau lebih.

Pada saat demam, biasanya anak akan susah tidur dan makan. Namun sejatinya pada anak yang sehat, demam bukanlah perkara yang membahayakan. Karena demam bisa jadi merupakan tanda bahwa tubuh anak tersebut sedang berusaha melawan infeksi yang ingin menyerang anak.

Jadi sobat sebagai orang tua tidak harus selalu buru-buru membawanya ke dokter, karena tidak semua demam itu harus diobati ke dokter. Bahkan terkadang sobat dapat mengatasi demam anak dengan pengobatan dan perawatan di rumah saja.

Tips Turunkan Demam pada Anak

Hanya saja yang perlu sobat perhatikan bahwa demam dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan mengalami dehidrasi yang berlebihan. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi demam pada anak.

1. Kompres dengan Air Hangat

Ketika anak sedang demam, maka langkah pertama yang bisa sobat lakukan adalah mengompresnya. Pada beberapa kasus, cara ini cukup membantu menurunkan panas. Namun pada kasus lain mengompres tidak memberikan efek pada anak, justru membuatnya merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Cara Agar Anak Suka Berolahraga untuk Mencegah Obesitas

2. Mandi Air Hangat

Ketika anak sedang demam, ia sebaiknya tetap mandi atau sekedar dilap. Pada beberapa kasus demam, mandi air hangat dengan suhu air 29,4-32,2° C dapat membantu mengatasi demam pada anak.

3. Bantu Panas Tubuh Anak Cepat Keluar

Kenakan pakain yang tipis pada anak yang demam agar panasnya bisa keluar. Hindari pakaian dengan bahan tebal karena dapat menghambat keluarnya panas. Pastikan suhu kamar terasa nyaman untuk anak agar anak tidak merasa kedinginan ataupun kepanasan.

4. Minum Air yang Banyak

Lebih baik anak minum sedikit-sedikit tetapi sering sehingga kebutuhan cairannya tercukupi dan terhindar dari dehidrasi. Sobat bisa memberikan air putih atau bisa juga mendapatkan cairan dari sup, dan juga es krim. Minuman dingin dan es krim akan membantu anak terhindar dari dehidrasi sekaligus menurunkan suhu tubuhnya. Hindari minuman yang mengandung soda maupun kafein.

Lihat Juga: Buah dan Sayuran yang Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi

5. Makan yang Banyak

Ketika anak demam, maka ia membutuhkan lebih banyak nutrisi. Untuk itu ada baiknya jika anak cukup terasupi dengan makanan apa saja yang penting anak mau makan.

6. Minum Teh Herbal dan Madu

Sobat juga bisa memberikan anak minuman teh herbal dan madu, yang selain bisa memberikan sensasi menenangkan juga baik untuk mengeluarkan keringat. Dengan keluarnya keringat maka akan membantu turunnya suhu tubuh anak yang demam.

Jangan Lewatkan: Berbagai Bahan Makanan yang Berkhasiat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Beberapa cara di atas semoga saja berguna untuk sobat yang ingin mengatasi panas demam pada anak. Jika demam anak tidak turun lebih dari tiga hari, ada baiknya jika sobat membawanya ke dokter.