3 Penyebab Busi Motor Cepat Rusak, Mati dan Tidak Awet

Penyebab Busi Motor Cepat Rusak Sering Mati dan Tidak Awet

Berbagai hal yang dapat menyebabkan busi motor cepat mati atau rusak yang perlu sobat ketahui. Pada kesempatan kali ini kami akan share tentang cara mengetahui penyebab busi motor yang cepat rusak atau sering mati.

Tentang Busi Motor

Busi (spark plug) adalah salah satu komponen atau suku cadang yang berperan penting bagi setiap kendaraan, yang proses pemasanganya di letakan pada bagian dalam mesin pembakaran dengan ujung elektrode diruang bakar. Seperti yang sobat ketahui bahwa pada mesin diesel, bahan bakar dan campuran udara akan terbakar karena adanya panas yang disebabkan oleh langkah kompresi.

Sementara itu, pada bagian mesin bensin bahan bakar dan campuran udara akan di bakar oleh percikan api yang terdapat pada busi. Dalam sistem pengapian, busi ini berfungsi sebagai sistem pembakaran yang cara kerjanya yaitu untuk membakar bahan bakar minyak (BBM) dan campuran udara yang telah dikompres oleh piston, sehingga akan terjadi langkah usah.

Selain itu, busi sendiri memilki dua elektroda yang berbeda, yaitu elektroda massa (negatif) dan elektroda tengah. Setelah arus listrik ini di bangkitkan oleh koil pengapian dan menjadi sebuah arus listrik bertegangan tinggi, lalu arus listrik tersebut akan mengalir menuju ke bagian distributor, busi dan kabel bertegangan tinggi.

Simak Juga: Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Pada bagian busi, arus listrik bertegangan tinggi ini akan meloncat dari elektroda massa (negatif) ke elektroda tengah, shingga lompatan tersebut akan menimbulkan sebuah percikan bunga api yang memang diperlukan sebagai pembakar campuran udara dan bahan bakar.

Busi motor memiliki bentuk yang sangat kecil, sehingga keberadaanya sering kali dilupakan oleh para pengguna sepeda motor. Padahal keberadaan busi memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem pembakaran mesin.

Komponen yang satu ini memerlukankan perhatian serta perawatan secara rutin, karena jika busi motor sering mengalai masalah seperti rusak atau bahkan mati, maka motor sobat pun akan mogok atau tidak dapat dihidupkan secara normal.

Penyebab Busi Cepat Rusak

Nah sobat yang budiman, apabila motor sobat mengalami permasalahan seperti ini, sobat tidak perlu bingung dan cemas. Karena, pada artikel ini kami akan memberikan informasi untuk sobat semua tentang berbagai penyebab busi motor cepat rusak atau gampang mati.

1. Setelan Bahan Bakar Tidak Pas

Jika setelan pada bahan bakar tidaklah pas atau salah dalam mengaturnya, maka akan mengakibatkan hisapan bensin menjadi terlalu banyak dan menjadi boros. Masalah seperti ini biasanya terjadi pada sepeda motor yang masih memakai sistem karboratur.

Hal ini tentunya bisa berakibat karburator manjadi banjir dan dapat menyebabkan ruang mesin terlalu banyak bahan bakar (bensin), sehingga menjadi lembab dan juga cepat kotor.

2. Kebocoran Kompresi Mesin

Apabila terjadi kebocoran kompresi mesin, maka tekanan pada ruang silinder yang terdapat pada ruang pembakaran akan hilang. Hal semacam ini tentu membuat tenaga mesin jadi ngepos dan proses pembakaran pun menjadi kurang maksimal. Sehingga ketika motor sobat dijalankan, maka motor akan terasa berat dan lambat, meskipun tarikan gas serta grip gasnya sudah di buka penuh.

Untuk mengetahui tekanan kompresi, gunakan Compression Tester untuk di tancapkan ke bagian lubang busi kemudian mesin dihidupkan dengan memakai kick starter. Dengan melakukan cara tersebut, tentunya sobat dapat mengetahui apakah kompresi bensin mengalami kebocoran atau tidak.

Jika kompresi mesin mengalami kebocoran, silakan bawa motor sobat ke bengkel-bengkel resmi yang lengkap.

3. Korsleting Pada Sistem Pengapian

Permasalah seperti ini tentu akan menjadikan motor menjadi ngadat atau yang biasa disebut brebet. Korsleting pada sistem pengapian ini pun akan menjadi alat pengapian seperti halnya koil, CDI Spul-nya pun akan cepat mati. Dengan memakai aplikasi ini, sobat pun bisa lebih mudah mendeteksi konsleting pada saluran pengapian.

Itulah sobat beberapa masalah yang sering menjadi pemicu umur busi motor tidak awet sehingga busi akan cepat mati atau rusak.