Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat dengan Mudah

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat dengan Mudah

Penjelasan apa saja yang dapat menyebabkan mesin mobil menjadi overheat dan tips bagaimana cara mudah untuk mengatasinya, di mana sobat tidak perlu pergi ke bengkel karena sobat bisa melakukannya sendiri.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sebuah informasi yang mungkin bisa menginspirasi dan bisa menambah wawasan sobat SAPAGREEN.COM di dunia otomotif, yaitu informasi tentang cara mengetahui penyebab serta cara mengatasi mesin mobil yang mengalami overheat.

Pengertian Overheat

Tahu kah sobat apa yang dimaksud dengan overheat itu? Overheat adalah suatu kondisi mesin yang tidak bisa bekerja dengan optimal. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh temperatur mesin kendaraan yang berada di atas suhu normal.

Simak Juga: Penyebab Busi Motor Cepat Rusak, Mati dan Tidak Awet

Jika permasalahan seperti ini dialami pada kendaraan yang sobat miliki, sebaiknya segera matikan mesin mobil sobat agar temperatur mesin mobil sobat tetap berada di suhu yang normal. Dan jika dipaksakan maka akan berakibat sangat fatal pada kendaraan sobat maupun diri sobat sendiri.

Penyebab Mesin Overheat

Pada umumnya, penyebab mesin overheat atau temperatur mesin mobil panas di sebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada bagian radiator, slang radiator yang bocor, termostat dan juga water pump. Jika mesin mobil menggunakan electric fan, maka sistem kerja temperatur mesin yang bekerja dengan normal ini bisa di gambarkan juga sebagai kondisi di mana motor cooling fan bisa on dan off sesuai dengan temperatur mesin yang berada di antara 85°C hingga 95°C.

Rusaknya atau tidak berfungsinya sistem pendingin pada kendaraan tentu akan menyebabkan mesin mengalami overheat pada kendaraan itu sendiri. Biasanya, kondisi mesin mobil overheat ini sering kali dialami oleh beberapa pengendara ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur dengan Mudah & Cepat

Adapun salah satu ciri atau tanda ketika mesin mobil overheat adalah bagian jarum indikator yang berada di dasbor mobil akan bergerak ke kanan dan ke arah suhu.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan suhu mesin mobil yang terlalu panas.

1. Periksa Radiator

Langkah pertama yang dapat sobat lakukan yaitu periksa pada bagian radiator. Silakan cek isi air yang berada di dalam radiator, pastikan air di dalam radiator mencapai batas upper jika kurang dari batas upper tentu akan bermasalah. Jika sudah mengecek air radiatornya, silakan periksa juga tutup radiatornya apakah mengalami kebocoran atau tidak.

Selanjutnya, periksa juga bagian upper dan lowernya, khususnya untuk upper tank dan lower yang memakai bahan plastik. Hal ini sangat penting, sebab jika upper tank dan lower terbuat dari bahan plastik tentu akan mudah rapuh dan akan mengalami retak-retak karena terkena air panas dari mesin mobil, sehingga akan menjadi penyebab bocornya air radiator pada mobil sobat.

2. Cek Kebocoran Cooling System

Selanjutnya, yaitu mengecek kebocoran sistem pendingin dengan memakai radiator tester. Langkah ini merupakan salah satu cara alternatif untuk sobat ketika ingin mengecek kebocoran pada sistem pendingin mesin mobil yang sobat miliki. Cara melakukannya yakni dengan memberi tekanan yang lebih tinggi dari tekanan relief valve tutup radiator, biasanya tekanan tutup radiator mobil ini mencapai 0,9 – 1,1 bar.

Dan pada saat sobat sudah menemukan kebocoran pada radiator mobil sobat dengan menemukan air yang menetes di bawahnya, maka sobat bisa segera mengatasinya dengan langkah tersebut.

3. Mengganti Selang Radiator

Penyebab lain dari mesin mobil overheat atau mesin mobil panas, yaitu di sebabkan oleh selang radiator yang pecah atau klem yang belum kencang. Gejala rusaknya selang radiator biasanya ditandai dengan kondisi selang yang sudah mulai mengeras dan pada saat sobat tekan memakai tangan sudah tidak lentur lagi. Selain itu juga akan mengeluarkan bunyi atau suara jika di tekan.

Nah, untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan akibat keadaan selang radiator yang sudah pecah atau rusak, sebaiknya sobat ganti selang radiator lama dengan yang baru agar lebih awet dan tahan lama.

4. Periksa Water Pump

Untuk langkah yang terakhir, jangan lupa juga sobat periksa bagian water pump dengan cara mengecek atau melihat water pump dari bagian bawah mobil. Kemudian cek pada bagian lubang angin yang terdapat di bagian bawah water pump, sobat lihat dengan seksama apakah terdapat tetesan air yang keluar. Jika sobat melihat adanya tetesan air, sebaiknya sobat segera pergi ke bengkel terdekat untuk mengganti water pump lama dengan yang baru.

Selanjutnya, jangan lupa periksa juga kondisi pada bagian V-Belt yang mengikat waterpump. Pengecekan ini bertujuan untuk mencegah atau menghindari bila saja V-Belt mengalami retak-retak sehingga menyebabkan rawan putus. Sebaiknya jika V-Belt sudah mengalami retak-retak, segera sobat ganti dengan yang baru agar tidak putus di tengah jalan.

Semoga tips yang kami bagikan kali ini bisa bermanfaat dan bisa berguna untuk sobat semua ketika ingin melakukan perbaikan pada mesin mobil yang mengalami overheat.