5 Tips Mendapatkan Hotel Murah untuk Liburan (Staycation)

Ketahui Tips Mendapatkan Hotel Murah untuk Liburan (Staycation)

Ketika Anda hendak pergi liburan, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan matang. Tidak hanya tiket transportasi, tempat penginapan juga merupakan kebutuhan penting yang tidak bisa disepelekan.

Dalam urusan penginapan atau akomodasi, hotel merupakan salah satu opsi yang paling banyak dipilih ketika seseorang pergi berlibur atau staycation. Kamar hotel akan menjadi tempat istirahat yang nyaman dan menyenangkan, setelah seharian Anda melancong ke berbagai destinasi wisata.

Tips Mendapatkan Hotel Murah

Agar pengeluaran hotel Anda untuk liburan bisa ditekan, berikut ini kami bagikan beberapa tips untuk mendapatkan hotel yang murah.

1. Survei Harga Hotel secara Online

Sekarang zaman sudah sangat canggih. Segala informasi bisa Anda dapatkan melalui internet. Cukup dengan ponsel yang terkoneksi dengan internet, maka Anda sudah bisa mencari info harga hotel yang murah melalui website travel agen.

Anda tidak perlu lagi melakukan cara konvensional seperti mendatangi hotel satu per satu karena itu akan sangat merepotkan. Cukup dengan mensurvey harga hotel secara online berdasarkan lokasi yang Anda inginkan.

Misalnya saja Anda sedang berlibur di Pulau Bali dan ingin memesan hotel di seminyak. Maka Anda akan dapat dengan mudah mencari informasinya secara online. Bahkan Anda juga bisa membandingkan harga dari beberapa hotel sehingga bisa mendapatkan tarif yang paling murah sesuai dengan budget Anda.

2. Manfaatkan Promo Member

Ada kalanya, diskon dan promo hanya diberikan kepada member dari website agen travel tersebut. Maka tidak ada salahnya jika Anda mendaftar dan login ke website tersebut untuk mencari apakah sedang ada promo hotel murah. Pasalnya, ketika Anda tidak sedang dalam keadaan login, bisa jadi Anda tidak berkesempatan untuk memanfaatkan promo tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kode promo di forum ataupun group tentang ticketing dan travelling. Di mana biasanya para member di situ akan saling berbagai tentang kode promo yang masih berlaku dan bisa digunakan untuk mendapatkan kamar hotel dengan harga murah.

3. Hindari Menginap di Akhir Pekan

Jika Anda berlibur tanpa melewati akhir pekan, maka tips yang satu ini bisa Anda coba praktikkan. Umumnya harga hotel untuk periode hari Jumat, Sabtu dan Minggu merupakan tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan hari kerja.

Maka ada baiknya jika Anda menginap di hotel di saat hari kerja. Selain harganya yang lebih murah, kondisi hotel juga lebih sepi jika dibandingkan dengan menginap di akhir pekan. Anda pun bisa lebih leluasa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di hotel tersebut, sebut saja restoran dan kolam renang.

4. Memilih Hotel Kelas Bisnis

Secara fasilitas, memang benar hotel kelas bisnis tidak selengkap jika dibandingkan dengan hotel resort. Namun hal ini akan dapat membantu menghemat pengeluaran Anda. Dengan menghemat anggaran untuk penginapan, maka Anda bisa mengalihkannya untuk bersenang-senang dan membeli oleh-oleh.

5. Pertimbangkan Lokasi Hotel

Seperti telah disinggung di depan, bahwa ada berbagai kebutuhan ketika pergi liburan, salah satunya adalah transportasi. Maka ketika Anda hendak mencari hotel, Anda juga harus mempertimbangkan lokasi hotel tersebut.

Pastikan di sekitar hotel tersebut bisa dengan mudah Anda temui fasilitas transportasi publik dengan biaya yang murah. Dan untuk hotel yang dekat dengan lokasi wisata umumnya akan mematok tarif bermalam yang lebih tinggi. Mungkin hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk mendapatkan harga hotel yang lebih murah.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami sampaikan kepada Anda yang memiliki rencana staycation sehingga dapat memesan hotel dengan harga yang murah.