6 Tips Menjaga Kesehatan Sendi agar Bebas Bergerak

Tips Menjaga Kesehatan Sendi agar Bebas Bergerak

Sendi menghubungkan dua tulang sehingga menjadikan manusia dapat melakukan berbagai hal seperti menekuk lutut dan siku, berjalan, membungkuk, menengok, menulis, ataupun sekedar melambaikan tangan. Mengingat fungsinya yang sangat penting, maka sendi sehat manusia dibutuhkan agar sistem gerak dalam tubuh dapat bekerja dengan semestinya.

Tips Menjaga Kesehatan Sendi

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan sendi.

1. Hindari Duduk Terlalu Lama

Karena asyik bekerja ataupun menonton TV, terkadang bisa membuat Anda tidak menyadari telah duduk dalam jangka waktu yang lama. Duduk diam terlalu lama akan dapat meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan pada sendi. Jika aktivitas Anda memaksa untuk duduk dalam waktu lama, maka sebaik Anda melakukan peregangan minimal setiap 15 menit sekali. Semakin banyak Anda bergerak, maka sendi Anda akan semakin lentur dan hal ini dapat mengurangi risiko munculnya gangguan sendi.

2. Menjaga Berat Badan

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sendi adalah dengan menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Jika berat badan Anda berlebih, maka hal itu akan membuat sendi-sendi Anda menanggung beban melebihi yang seharusnya. Semakin berat tubuh seseorang, maka akan semakin meningkat risiko gangguan sendi.

3. Selalu Perhatikan Postur Tubuh

Posisi duduk, berdiri, ataupun cara berjalan yang salah, dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk sehingga membuat beban pada sendi menjadi meningkat. Agar kasus semacam itu tidak terjadi, maka Anda perlu memperhatikan postur tubuh dengan cara mempertahankan posisi agar tetap tegak ketika duduk. Selain itu, pastikan punggung dan kedua bahu Anda lurus, serta kedua telapak kaki yang menyentuh lantai.

4. Cukupi Asupan Makanan Bergizi

Mencukupi tubuh dengan asupan makanan yang bergizi juga merupakan bagian dari menjaga kesehatan sendi. Memperbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin D, protein, kalsium, antioksidan, dan asam lemak omega-3 akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan sendi.

Adapun berbagai makanan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan sendi bisa Anda dapatkan dari golongan buah dan sayur, minyak zaitun, ikan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, teh hijau, susu dan berbagai produk olahannya misalnya keju dan yoghurt.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara umum. Namun juga dapat memberikan efek buruk bagi tulang dan sendi.

Berdasarkan sebuah penelitian, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya pebgeroposan tulang atau osteoporosis. Selain itu juga dapat membuat tulang menjadi rentan mengalami fraktur (keretakan) karena kepadatannya menurun. Bahkan, kebiasaan merokok juga akan meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan seperti nyeri pinggang, bursitis, tendinitis dan juga rheumatoid arthritis.

Maka dapat disimpulkan jika menjaga kesehatan sendi juga dapat dilakkan dengan menghentikan kebiasaan merokok.

6. Rajin Berolahraga

Menurut berbagai studi dan penelitian, ternyata olahraga seperti senam aerobik dapat meredakan pembengkakan sendi. Di samping itu, olah raga ringan seperti angkat beban uga sangat disarankan guna menguatkan otot-otot penyangga sendi.

Namun jika Anda sedang mengalami gangguan sendi, lebih baik Anda memilih jenis olah raga lainnya yang lebih mudah, misalnya berenang ataupun jalan kaki.

Dengan melakukan berbagai tips menjaga kesehatan sendi di atas, maka Anda akan memiliki sendi yang sehat dan kuat sehingga Anda bisa bebas bergerak tanpa mengalami gangguan sendi.

Jika Anda memiliki gangguan kesehatan pada sendi, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, agar masalah sendi yang Anda alami segera mendapatkan penanganan yang tepat.