Ketahui 7 Tips Sewa Apartemen dengan Aman dan Tepat yang Perlu Diperhatikan

Ketahui Tips Sewa Apartemen dengan Aman dan Tepat yang Perlu Diperhatikan

Di kota besar, apartemen sudah menjadi salah satu opsi sebagai hunian bagi banyak orang. Misalnya di Kota Surabaya. Semakin sedikitnya lahan membuat sebagian orang lebih memilih untuk sewa apartemen surabaya dibandingkan dengan membangun rumah sendiri.

Terlebih bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan serta mobilitas tinggi. Memilih apartemen akan memudahkan Anda karena saat ini sudah banyak pihak yang menyewakannya.

Tips Menyewa Apartemen dengan Aman & Tepat

Tips Sewa Apartemen dengan Aman dan Tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk menyewa apartemen, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

1. Melakukan Riset sesuai Kebutuhan

Langkah penting sebelum Anda memutuskan untuk memilih apartemen yang hendak Anda sewa, pastikan Anda melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda benar-benar mendapatkan apartemen yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Menariknya, Anda tidak harus mendatangi satu per satu kawasan apartemen untuk melakukan riset ini.

Saat ini zaman sudah sangat maju, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai penyewaan apartemen melalui website properti, salah satunya adalah rumah.com.

Melalui website tersebut, Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai harga sewa apartemen, gambar apartemen, dimana lokasinya dan apa saja fasilitas yang ditawarkan.

Misalnya Anda ingin menyewa apartemen di kawasan Surabaya, maka Anda tinggal mencarinya melalui fitur kotak pencarian. Dengan cara ini, Anda akan dapat menemukan apartemen murah di surabaya tanpa merasa kesulitan.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Ketika Anda hendak menyewa apartemen, maka hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah lokasinya. Demi keamanan dan kemudahan, sebaiknya Anda memilih apartemen yang lokasinya strategis. Selain itu juga mudah diakses, dekat dengan layanan publik, pusat perbelanjaan, ATM, tempat pendidikan, serta fasilitas kesehatan (faskes, rumah sakit atau klinik), dan juga fasilitas publik lainnya.

Di samping itu, perhatikan juga moda transportasi yang tersedia di sekitar lokasi apartemen. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah jarak apartemen ke tempat kerja Anda. Semua ini harus Anda perhitungkan dengan matang agar keputusan menyewa apartemen menjadi sesuatu yang tepat dan memudahkan Anda.

3. Fasilitas yang Ditawarkan

Tips penting selanjutnya dalam menyewa apartemen adalah memperhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkannya. Pastikan bahwa fasilitas-fasilitas tersebut merupakan sesuatu yang Anda butuhkan.

Katakanlah Anda memiliki anak kecil, maka perlu Anda perhatikan apakah di kawasan apartemen tersebut menyediakan playgorund untuk bermain. Atau fasilitas lainnya yang sangat urgent, seperti adanya lift pribadi sehingga membuat anda merasa semakin aman dan nyaman.

Selain itu juga tersedianya lahan parkir yang memadai, pusat olahraga, kolam renang indoor, ruang keluarga, dapur, fasilitas internet dan lainnya. Dan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah luas ruangan dan jumlah kamar tidur serta kamar mandi. Tentu saja hal ini sangat bergantung apakah Anda tinggal sendiri di apartemen (misalnya Anda masih single), ataukah tinggal bersama keluarga dan anak-anak tercinta.

4. Harga Tidak Melebihi Budget

Meskipun Anda sudah cocok dengan lokasi apartemen dan berbagai fasilitas yang dimilikinya, jangan buru-buru untuk memilihnya. Pertimbangkan juga apakah semua itu sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Selain itu, pertimbangkan juga dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan sampai biaya sewa apartemen itu nantinya akan melebihi kemampuan keuangan Anda. Dan yang tidak kalah penting, buatlah batasan angka sehingga Anda memiliki patokan murah dan mahal versi Anda. Karena murah bagi Anda, bisa saja mahal menurut orang lain.

5. Keamanan di Sekitar Apartemen

Agar keamanan dan kenyamanan Anda semakin terjamin, maka jangan Anda lupakan faktor ini. Sebaiknya Anda memilih apartemen yang mengcover layanan keamanan 24/7. Selain itu juga kartu akses pribadi serta adanya CCTV dan satpam di apartemen tersebut.

Faktor keamanan ini tidak hanya terbatas di dalam apartemen, namun juga di luar atau lingkungan sekitarnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai lingkungan sekitar apartemen. Bagaimana keamanannya, seberapa tingkat kriminalitas di daerah tersebut, dan apakah lokasinya rawan banjir.

6. Survei ke Lokasi Apartemen

Cara paling ampuh untuk mengetahui kondisi nyata apartemen yang hendak Anda sewa adalah dengan mendatangi langsung atau melakukan survey ke lokasi properti tersebut. Dalam hal ini Anda bisa janjian terlebih dahulu dengan pemilik apartemen sehingga dapat bertanya tentang banyak hal, termasuk kondisi dan fasilitas yang ada di apartemen tersebut.

Selain itu, tujuan dari survey ini adalah untuk memastikan apakah informasi yang ada di iklan website properti sesuai dengan kenyataannya. Karena bisa saja antara iklan dan kondisi nyatanya ada perbedaan.

Saat melakukan survey, pastikan Anda mengecek dengan teliti segala sesuatunya. Setelah memeriksa kondisi ruangan dan fasilitas yang ditawarkan, jangan lewatkan untuk mengecek listrik, lampu dan air apakah semuanya bekerja dengan normal dan tidak ada yang rusak.

Di samping itu, cek juga bagaimana kondisi sinyal ponsel Anda di apartemen tersebut. Meskipun terlihat sepele, hal ini akan merepotkan jika ternyata sinyal di apartemen tersebut buruk. Dan jika apartemen tersebut menawarkan layanan internet, jangan ragu untuk mencoba dan memastikannya.

7. Perjanjian Sewa yang Jelas

Setelah Anda merasa cocok dan yakin dengan apartemen yang hendak Anda sewa, maka Anda bisa segera memutuskan untuk menyewanya. Namun sebelum itu jangan lupa Anda lakukan perjanjian hitam di atas putih lengkap dengan materai.

Hal ini perlu Anda lakukan agar jelas apa saja kewajiban dan hak Anda sebagai penyewa maupun pihak pemilik apartemen. Dalam perjanjian tersebut perlu dijelaskan pula jangka waktu sewa Anda, berapa nominal yang harus dibayarkan, tempo pembayarannya mingguan, bulanan atau tahunan, serta biaya tambahan dan hal-hal lainnya yang perlu dimasukkan di dalam surat perjanjian tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan ketiak hendak menyewa apartemen, sehingga Anda akan mendapatkan apartemen yang aman, nyaman dan sesuai kebutuhan.